Terlebih
dahulu kita membuat 1 template surat undangan yang akan dijadikan beberapa
surat. Sisakan tempat untuk menulis nama dan alamat (nama dan alamat jangan
diisi terlebih dahulu). Dapat dilihat contoh dibawah ini.1.
Setelah
membuat 1 template undangan, kemudian
data seperti nama dan alamat di Microsoft Excel. Buat kolom nama dan alamat
sampai 5 saja karena sekarang yang kita butuhkan hanya 5 undangan. Setelah
dibuat datanya kemudian rubah nama sheet1
menjadi data dengan cara double klik
pada tulisan sheet1 atau dengan klik kanan mouse kemudian pilih rename. contoh
dapat dilihat pada gambar disamping . Setelah dirubah kemudian disimpan pada
data D dengan nama data.
2.
Setelah
disimpan kemudian buka word kembali. Lalu pilih mailings. Kemudian pilih start
mail merge. Kemudian klik step by
step mail merge wizard.
3. Setelah
diklik maka akan muncul sebuah tab. Pada step 1 pilih letters karena kita akan membuat surat. kemudian pilih next. Dapat diliht gambar berikut.
4. Pada
step 2 pilih use the current document.
Kemudian pilih next.
5. Pada
step 3 pilih use an existing list.
Kemudian klik browse. Kemudian pilih tempat kita menyimpan data Microsoft
excel. Setelah ketemu datanya kemudian klik open. Lalu klik pada nama data.
Lalu klik ok. Setelah itu pilih next.
Didalam step 3
terdapat 3 pilihan yaitu :
a.
Use an existing list : menyiapkan data di M. Excel lalu disimpan
b.
Select from outlock contact : mengambil dari kontak yang kita buat di PC
c.
Type a new list :
menuliskan data langsung tanpa disimpan terlebih dahulu
6. Pada
step 4 letakkan kursor pada tempat yang telah kita sisakan yaitu pada tulisan
nama. Kemudian klik more items.
Kemudian pilih fields nama .
kemudian insert. Lalu close.
setelah itu kemudian pindahkan kursor ke tempat yang telah kita sisakan yaitu pada tulisan alamat. kemudian pilih more items. Kemudian pilih fields alamat. Kemudian insert. Lalu close.
setelah itu kemudian pindahkan kursor ke tempat yang telah kita sisakan yaitu pada tulisan alamat. kemudian pilih more items. Kemudian pilih fields alamat. Kemudian insert. Lalu close.
7. Pada
step 5 langsung pilih next.
8. Pada
step 6, jika kita ingin langsung
mencetak pilihlah print.
jika kita tidak ingin langsung mencetak tetapi ingin diedit pilihlah edit individual letters. Lalu akan muncul :
All :
akan diperlihat semua halamanjika kita tidak ingin langsung mencetak tetapi ingin diedit pilihlah edit individual letters. Lalu akan muncul :
current record : hanya menampilkan halaman pertama
from to : menampilkan beberapa halaman yang kita inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar